Alasan Memilih Jasa Pengurusan IMB Surabaya yang Aman Terpercaya

Jasa Pengurusan IMB Surabaya – Mengurus IMB adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan saat membangun gedung yang fungsional. Dalam mengurus IMB ini sebenarnya ada dua cara yang bisa dipilih yaitu mengurusnya sendiri dan menggunakan jasa pengurusan IMB Surabaya. Entah cara mana yang akan dipilih pastikan untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengurus IMB

Tidak hanya dibutuhkan untuk membuat bangunan, IMB juga bisa digunakan oleh pemilik bangunan untuk merobohkan, mengurangi atau menambah luas, dan juga merenovasi bangunan. Nah, supaya pengurusan IMB Anda bisa lancar dan diterima jangan lupa membaca ulasan ini.

  1. Ketahui Tujuan Penggunaan Lahan

Sebelum berangkat untuk mengurus IMB, pastikan dulu untuk mengetahui tujuan penggunaan lahan tersebut. Jangan sampai Anda sudah mendapatkan izinnya, namun ternyata lahan tersebut tidak sesuai dengan tujuan penggunaan lahan yang sudah ditetapkan.

Untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda, pastikan untuk mengecek peruntukan ruang yang ada di dalam Rencana Detail Tata Ruang yang sudah disahkan. Dengan melakukan pengecekan sebelum pengajuan izin IMB pastinya bisa menghemat waktu, uang dan juga tenaga Anda.

  1. Pastikan Mengetahui Persyaratannya

Sebelum pergi ke kantor pengurusan IMB Anda harus memiliki beberapa perizinan jadi pastikan untuk mempersiapkannya sebaik mungkin. Umumnya, antara satu daerah dengan daerah lain memiliki aturan jenis perizinan yang tidak jauh berbeda.

Namun, sebaiknya Anda berkunjung ke dinas terkait untuk mengetahui jenis perizinan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan permohonan penerbitan IMB. Dalam beberapa kasus, ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan sebelum mendapat IMB seperti izin lingkungan, izin kelayakan lingkungan hidup, dan lainnya.

  1. Lihat Syarat Permohonan IMB

Apabila rencana pembangunan rumah Anda sudah sesuai dengan yang tertera di dalam RDTR dan PZ. Langkah selanjutnya adalah mengurus permohonan izin mendirikan bangunan yang saat ini bisa diakses secara online. Caranya pun sangat mudah, Anda bisa mengunjungi website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Baca juga : Biaya Jasa Pengurusan IMB

Jika bangunan yang akan Anda urus izin pendiriannya adalah rumah tinggal, terdapat sedikit perbedaan antara rumah dengan luas tanah <100 m2 dan >100 m2. Untuk rumah dengan luas tanah >100 m2, ada beberapa dokumen tambahan yang harus Anda persiapkan, jadi pastikan untuk memperhatikannya dengan baik.

Cara Memilih Biro Jasa IMB yang Tepat

Bagi Anda yang kesehariannya sibuk dan tidak sempat untuk mengurus izin mendirikan bangunan sendiri, maka bisa menggunakan jasa pengurusan IMB Surabaya. Namun, pastikan untuk mengikuti cara memilih biro jasa IMB yang tepat di bawah ini supaya Anda tidak tertipu.

  1. Punya Track Record yang Baik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat mencari jasa pengurusan IMB adalah memastikan kredibilitasnya tinggi dan asli yang bisa bisa dilihat melalui track record-nya. Melalui track record ini Anda bisa mengetahui apakah biro jasa tersebut terpercaya atau tidak.

Pengecekannya bisa dilakukan secara online dengan melihat bagian testimoni atau review klien sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan referensi dari orang lain yang pernah menggunakan biro jasa tersebut.

  1. Kenali dengan Baik Agen Jasa Tersebut

Di setiap daerah pastinya Anda bisa menemukan biro jasa perizinan bangunan seperti ini. Nah, untuk mengetahui apakah biro jasa tersebut bisa dipercaya atau tidak maka perhatikan beberapa hal. Mulai dari lokasi kantornya, jumlah karyawan, biaya, penghargaan yang dimiliki dan lainnya.

Selain itu, mengetahui sejarah biro jasa tersebut juga tidak kalah penting. Karena dari informasi tersebut Anda bisa memutuskan kira-kira biro jasa tersebut bisa dipercaya atau tidak. Untuk mengeceknya, langsung buka website-nya lalu lihat profil perusahaannya.

  1. Perhatikan Harga dan Legalitasnya

Untuk jasa perizinan IMB yang sudah terpercaya biasanya tidak akan mematok harga yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Karena biasanya mereka bersaing dengan harga terjangkau namun pelayanan yang pasti dan terpercaya. Selain itu, pastikan legalitasnya juga jelas karena berpengaruh pada sah atau tidaknya dokumen Anda.

Baca juga : Jasa IMB Jakarta

Pengurusan IMB untuk Rumah yang Sudah Dibangun

Meskipun biasanya diajukan saat proses pembangunan rumah, namun bukan berarti jika rumah sudah jadi Anda tidak bisa mengajukan IMB. Nah, jika rumah Anda belum memiliki izin pendirian bangunan pastikan untuk segera mengurusnya dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Datang Ke Loket Pelayanan IMB

Langkah pertama untuk melakukan pengurusan IMB bagi rumah yang sudah dibangun adalah dengan mendatangi loket pelayanan IMB atau Seksi Perizinan Bangunan Kecamatan.

Pastikan juga untuk membaca persyaratan dan juga dokumen yang dibutuhkan. Biasanya tiap daerah memilih persyaratan dan dokumentasi yang berbeda. Namun biasanya persyaratan tersebut tidak berbeda jauh, seperti:

  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi NPWP;
  • Fotokopi surat bukti kepemilikan tanah;
  • Surat pernyataan di atas materai dari pemohon yang menyatakan bahwa tanah yang dikuasai tersebut tidak bersengketa;
  • Untuk lahan yang luasnya lebih dari 5.000 m2 atau yang disyaratkan maka wajib membawa fotokopi SIPPT;
  • Gambar rancangan arsitektur bangunan yang sudah ditandatangani arsitek dan memiliki Izin Pelaku Teknis Bangunan sebanyak lima set;
  • Membawa KRK 5 set;
  • Perencanaan struktur bangunan gedung dan lampiran hasil penyelidikan tanah yang sudah ditandatangani perencana struktur dengan IPTB untuk yang disyaratkan sebanyak tiga set;
  • Gambar rencana serta perhitungan mekanikal dan elektrikan gedung yang sudah ditandatangani perencana mekanikan dan elektrikan dengan IPTB bagi yang disyaratkan sebanyak tiga set;
  • Fotokopi IPTB penanggung jawab perencana arsitektur, struktur, mekanikan dan elektrikal bangunan gedung untuk yang disyaratkan dan ketentuan lainnya;
  • Surat penunjukan penanggung jawab arsitektur, struktur, mekanikal dan elektrikal bangunan yang dimohon untuk yang dipersyaratkan
  • Softcopy rancangan arsitektur, struktur, mekanikal dan elektrikan bangunan gedung yang dimohon untuk yang disyaratkan.
  1. Membayar Retribusi IMB Rumah Tinggal

Jika sudah melengkapi persyaratan dan dokumentasi yang diminta pihak kecamatan, langkah selanjutnya adalah membayar biaya retribusi IMB rumah. Untuk biaya retribusinya bermacam-macam. Namun Anda bisa menghitungnya berdasarkan luas bangunan dan harga satuan jenis bangunannya.

Yang harus Anda ingat adalah, pembayaran retribusi IMB ini bisa dilaksanakan setelah SKRD diterbitkan Suku Dinas Perizinan Kota Administrasi dan pembayaran dilakukan melalui kas daerah. Setelah membayar retribusi, Anda akan dapat bukti pembayaran kemudian serahkan ke loket pelayanan IMB untuk diteruskan ke P2B.

Dari informasi di atas pastinya kini Anda lebih paham proses pengurusan IMB dan juga hal apa saja yang harus diperhatikan saat mengurus IMB. Jika Anda ingin menggunakan jasa pengurusan IMB Surabaya pastikan juga mengikuti tips di atas supaya mendapatkan biro jasa yang terpercaya.

Nah, jika Anda membutuhkan jasa pengurusan IMB namun masih bingung harus memilih yang mana maka bisa langsung menghubungi nomor HP/WA : 0878 9384 5897. Soal kualitas, Anda tak perlu ragu karena kami akan memberikan pelayanan terbaik dan terpercaya. Soal harga, jasa pengurusan IMB kami juga memberikan harga yang bersahabat dengan dompet Anda. Untuk informasi lebih lengkapnya lagi bisa mengunjungi website kami https://www.safanakubik.id.

Tinggalkan komentar